Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Tes Interview Pramugari

Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Tes Interview Pramugari

Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Tes Interview Pramugari

Pramugari merupakan crew atau karyawan jasa angkutan umum, entah itu darat, laut maupun udara yang berhubungan langsung dengan para penumpang. Sehingga tidak heran jika seleksi atau tes untuk bisa masuk atau bekerja menjadi pramugari sangatlah sulit. Salah satu tahapan yang paling sulit adalah pada tes wawancara. Lantas bagaimana cara agar lolos tes wawancara? Ada beberapa Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Tes Interview Pramugari yang patut Anda ketahui agar bisa menjadi pelajaran.

Apa saja Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Tes Interview Pramugari?

Tes interview merupakan tes yang banyak orang menganggapnya begitu sulit untuk dilalui. Akan tetapi, pada dasarnya tes wawancara tidak sesulit yang Anda bayangkan. Dalam tes ini, Anda diharuskan untuk jujur dan apa adanya.

Pasalnya kejujuran merupakan hal yang paling penting untuk Anda lakukan dan jangan sekali-kali mencoba untuk berbohong. Walaupun begitu, ternyata masih saja banyak pelamar yang melakukan kesalahan dalam wawancara sehingga berakibat gugur dalam tahap ini.

Mulai dari kesalahan ringan hingga paling berat yakni berbohong. Lantas apa saja Kesalahan Yang Sering Dilakukan Dalam Tes Interview Pramugari? Berikut ini adalah hal-hal yang mungkin bisa Anda jadikan pelajaran.

  1. Penampilan

Sejalan dengan tugas seorang pramugari yang berhubungan langsung dengan para penumpang, penampilan menarik menjadi faktor penilaian yang pertama. Banyak pelamar yang salah mengartikan kata berpenampilan menarik. Demi menarik perhatikan tim seleksi, banyak para pelamar yang penampilannya berlebihan, make up menor, baju yang ketat dan seksi. Ini merupakan kesalahan paling fatal, pramugari bukanlah seorang model jadi cukup berpenampilan natural namun tetap elegan.

  1. Kurangnya pengetahuan dan pasif

Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Tes Interview Pramugari yang kedua adalah kurangnya pengetahuan dan pasif. Banyak pelamar yang kurang mengetahui tujuan dan tugas dari seorang pramugari. Selain itu, entah karena gugup atau memang sikapnya pasif, banyak pelamar yang cenderung pasif, kurang senyum, dan malu-malu sehingga tidak mampu menjelaskan secara detail setiap pertanyaan.

  1. Tidak fokus dan terlalu percaya diri

Pertanyaan yang diajukan oleh tim seleksi haruslah dijawab secara cepat dan baik. Namun sayangnya, banyak pelamar yang tidak percaya diri dan gugup dalam menjawab. Ini bisa jadi kesalahan fatal, selain itu walaupun dituntut untuk percaya diri, janganlah terlalu berlebihan. Percaya diri yang berlebihan bisa dianggap sebagai orang yang tidak bisa menghargai orang lain dan tidak bisa menerima masukan atau saran.

  1. Bahasa tubuh dan jawaban yang menghina

Jika Anda menjalani tes wawancara, hindarilah gerakan-gerakan yang tidak penting seperti menggaruk, pegang bolpen atau yang lainnya. Tetaplah tenang dan santai dalam menghadapi pewawancara dan sekali-kali berikan senyuman yang tulus. Tak hanya itu saja, setiap jawaban yang Anda berikan janganlah membuat komentar yang berisikan penghinaan atau menjurus pada hinaan.

  1. Sifat egois

Sifat egois atau mementingkan diri sendiri merupakan sifat yang paling tidak bisa ditoleransi dalam bidang kepramugarian. Hal ini dikarenakan seorang pramugari bertugas penuh atas keselamatan para penumpang. Walaupun dalam keadaan darurat, pramugari harus lebih mementingkan nyawa penumpang dibanding dengan nyawanya sendiri.

Recommended:  Pertanyaan Yang Sering Muncul Saat Tes Interview Calon Pramugari

Itulah 5 Kesalahan yang Sering Dilakukan Dalam Tes Interview Pramugari. Bagi Anda yang ingin menjadi seorang pramugari dan lolos dengan mudah pada tahap tes wawancara, alangkah baiknya Anda menghindari 5 kesalahan di atas. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat with us on WhatsApp