Berapakah Biaya Pembuatan Passpor

Berapakah Biaya Pembuatan Passpor

Berapakah Biaya Pembuatan Passpor

Biaya pembuatan passpor – Pergi ke luar negeri membutuhkan berbagai dokumen pendukung agar tidak kesulitan ketika berada di negara asing. Saat berkunjung ke negara asing, passpor merupakan dokumen paling penting yang harus dimiliki oleh seseorang. Untuk melewati petugas bandara dalam negeri saja benda satu itu harus sudah ada apalagi ketika ingin melewati penjagaan bandara asing atau luar negeri. Akan sangat fatal efeknya bila kehilangan passpor di luar negeri, sebab passpor merupakan pengganti kartu identitas Anda.

Prosedur pembuatan passpor

Beberapa dokumen pendukung berikut ini harus Anda miliki jika ingin membuat sebuah passpor.

  1. Akte kelahiran beserta fotokopi.
  2. Bila tidak memilikinya maka harus menyertaka buku nikah (bagi yang sudah menikah) dan atau ijazah terakhir yang dimiliki beserta fotokopinya.
  3. Kartu keluarga (KK) asli beserta fotokopinya
  4. Kartu tanda penduduk (KTP) beserta fotokopi.
  5. Formulir permohonan pembuatan passpor yang dapat diambil di kantor imigrasi.
  6. Buku nikah orang tua (bila Anda membuatkan passpor untuk anak Anda).
  7. Materai dengan nominal tertentu.

Selanjutya prosedur yang harus dilakukan adalah membawa semua dokumen yang disebutkan ke kantor imigrasi terdekat, atau bisa juga di kantor imigrasi tempat Anda mengambil formulir permohonan passpor. Sebaiknya Anda datang lebih pagi untuk menghindari atrian para pemohon passpor lainya. Jam layanan kantor imigrasi adalah jam 7 pagi sampai 4 sore. Namun tentu saja seperti umumnya kantor, kantor imigrasi juga memiliki jam istirahat yakni jam 12 sampai jam 1 siang. Datanglah lebih pagi, karena jam9 pagi biasanya kantor sudah dipenuhi oleh banyak orang. Anda juga harus menyiapkan diri untuk mengantri.

Sebelum menuju ke biaya pembuatan passpor, gunakanlah pakaian yang rapi agar Anda sudah siap utuk diambil foto passpor, perlu Anda ketahui bahwa foto yag ada di passpor akan menempel di situ sampai 5 tahun ke depan. Usahakan pakaian yang berkerah agar terlihat sopan dan formal. Background foto berwarna putih, maka kenakanlah pakaian yang berwarna selain putih. Sesampainya dikantor imigrasi, Anda harus mengambil nomor antrian. Untuk mendapatkan nomor antrian, Anda harus memiliki ID PASS terlebih dahulu. Tanyakan pada satpam atau petugas jaga untuk mengetahui bagaimana dan di mana cara mendapatkannya.

Selanjutnya yakni mengantri di ruang cek berkas, perhatikan panggilan antrian Anda. Jangan sampai terlewat atau mendahului antrian orang lain. Khusus untuk lansia, ibu hamil, ibu yang membawa balita di bawah 5 tahun dan difabel akan diberikan prioritas tersendiri. Dokumen Anda akan dicek oleh petugas imigrasi, sebelumnya mohon cek sendiri berkas yang Anda siapkan agar mengurangi resiko berkas tertinggal atau yang semacamnya. Akan sangat merepotkan bila ada berkas yang tertinggal dan Anda harus jauh-jauh kembali ke rumah untuk mengambilnya.

Selanjutnya adalah tahap pengambilan sidik jari dan interview, pada tahap ini Anda akan diberikan map berwarna kuning. Pada tahap wawancara tentu saja hal yang akan ditanyakan adalah alasan dan keperluan untuk pergi ke luar negeri.

Biaya pembuatan passpor

Biaya pembuatan passpor ini beragam, simak penjelasan singkat berikut ini.

  • Buku passpor 48 halaman bagi WNI tarifnya adalah Rp.300.000
  • Passpor pengganti 48 halaman bagi yang hilang atau rusak dikenakan tarif Rp.600.000

Itulah sedikit informasi mengenai pembuatan passpor dan biayanya yang semoga dapat memperkaya pengetahuan Anda. Bagi Anda yang sekedar naik pesawat untuk perjalanan antar kota atau provinsi saja, maka passpor ini sifatnya tidak perlu.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat with us on WhatsApp