Beginilah Cara Menghilangkan Tato

Beginilah Cara Menghilangkan Tato

Beginilah Cara Menghilangkan Tato

Tato yang banyak orang kenal sebagai sebuah symbol atau konotasi dari “para berandalan” sebenarnya tidak sepenuhnya benar. Pada zaman dahulu tato digunakan untuk symbol sesuatu yang berharga. Tato sendiri adalah sebuah seni yang patut untuk dilestarikan hanya saja banyak orang yang tidak baik menggunakan tato, sehingga membuat tato identik dengan perilaku negatif.

Jika Anda mentato dan ingin menghapusnya, ini ada beberapa cara menghilangkan tato yang bisa dicoba. Sebagian orang yang telah terlanjur menggunakan tato permanen dan kemudian berubah pikiran untuk menghapusnya. Mungkin karena ingin mengganti tato, atau menuliskan nama pasangan yang ternyata sudah menjadi mantan.

Menghapus Tato Permanen

Menghapus tato permanen yang sudah melekat pada kulit memang tidaklah mudah. Proses pembuatan tato sendiri yang sudah rumit ditambah dengan jenis tinta tato yang digunakan memang sengaja agar tidak bisa luntur walau terkena air berkali-kali.

Sakit yang Anda rasakan saat mentato akan dirasakan juga ketika menghilangkan tato tersebut. Tapi tenang saja, jika memang Anda berniat untuk menghapus tato tersebut untuk sesuatu yang baik Anda harus segera melakukannya. Berikut adalah cara menghilangkan tato yang bisa digunakan:

  1. Teknik Dermabrasi

Teknik menghapus tato ini dengan menggunakan amplas atau butiran pasir  dan perangkat yang dipakai adalah roda atau sikat abrasive. Kulit yang telah ditato diamplas hingga ke lapisan kulit dalam dengan perangkat roda tersebut. Ini bertujuan untuk memudarkan warna tato. Agar tidak sakit area kulit bertato akan dibuat mati rasa.

  1. Operasi Pengangkatan Jaringan Kulit

Teknik ini adalah menggunakan cara operasi yang akan mengangkat area kulit bertato dengan menyayatnya memakai pisau bedah. Tentunya sebelumnya area kulit bertato dibuat mati rasa dengan suntikan bius lokal.

Setelah itu, area sayatan akan diberi salep anti bakteri supaya proses penyembuhan lebih cepat. Metode yang kali ini dianggap efektif untuk menghilangkan tato. Namun, bekas operasi tadi biasanya akan tetap terlihat.

  1. Teknik Laser

Menggunakan teknik ini, warna tato akan dipecah dengan sinar yang memiliki intensitas tinggi. Jenis laser untuk menghilangkan tatopun beragam.

Setiap jenis laser juga memiliki kegunaan yang berbeda, seperti laser Q-seitched dan YAG hanya bisa mengilangkan tato yang berwarna biru, hitam dan merah. Sementara itu warna hijau tidak bisa dihilangkan dengan laser tersebut. Tentunya sebelum melakukan teknik laser, kulit dibuat mati rasa.

  1. Teknik Scarification

Teknik ini bisa menjadi alternatif untuk menghilangkan tato. Cara kerjanya juga cukup mudah, yaitu dengan menyinari tato menggunakan kontras warna kulit dan tinta. Sehingga partikel tinta setelah disinar lama kelamaan akan hancur.

Ketika partikel tato tersebut sudah hancur, Anda tinggal mengelap kulit yang bertato menggunakan kain. Cara ini bisa dikatakan aman dan praktis tetapi bekasnya masih akan tetapi terlihat.

Kebanyakan dari cara-cara untuk menghapus tato ini tetap akan memberikan bekasnya. Tetapi ada juga yang bekasnya benar-benar hilang. Sehingga masih ada kemungkinan jika Anda ingin menghapus tato dan tidak ingin meninggalkan bekas pada kulit.

Cara menghilangkan tato yang telah dijelaskan diatas adalah sebagian cara, ada beberapa alternatif  lainnya seperti : menggunakan krim anti tato, madu, minyak zaitun dan lainnya. Jika Anda ingin cara yang lebih simpel, bisa menggunakan madu atau minyak zaitun. Tetapi konsekuensinya adalah lama waktu untuk menghilangkannya dan harus rutin mengoleskan di area tato tersebut.

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Chat with us on WhatsApp